Dari AFCC 2017 : Illustrator Galery

Masih melanjutkan seri tulisan tentang AFCC 2017, yang sebenarnya sudah sangat terlambat, di ajang Asian Festival of Children Contents (AFCC) yang diadakan setiap tahun di Singapore, selalu ada yang namanya Illustrator Galery. Galery ini biasanya ditempatkan di salah satu ruangan di National Library Singapore. Di sini akan dipamerkan hasil karya para illustrator terpilih dari negara-negara Asia. Mengutip dari website resmi AFCC :

“The Book Illustrators Gallery (BIG) is a display of diverse collections of works by illustrators and artists from Singapore and the region, featuring both published and unpublished art pieces. BIG not only presents quality artworks for the public to enjoy and appreciate, it also acknowledges and promotes the works of talented illustrators and artists in the region!”

Tujuan diadakannya BIG ini apa?

Memperkenalkan dan mempromosikan hasil karya ilustrator lokal lokal dan regional kepada audience yang lebih luas. Even ini, kan, dihadiri penerbit, penulis dan kalangan umum dari berbagai negara di Asia dan dunia.

Di tahun 2017 kemarin, BIG ini diadakan di B1 Exhibition Area, Central Public Library
 Singapore, sepanjang masa konferensi bahkan hingga seminggu setelah itu. Berikut ini foto-foto yang berhasil saya ambil, maaf ya hasilnya agak gelap (*sigh* I need new smartphone indeed..hiks)

20170519_185352_lls2.jpg

Beberapa karya dari Ilustrator Indonesia (tidak semuanya)

Kalau yang ini contoh dari ilustrator-ilustrator negara lain. Tidak semuanya saya foto. Ada juga rentetan ilustrasi yang menggambarkan satu cerita penuh! Ada yang dengan text atau tanpa text.

20170519_185033_lls1.jpg

Untuk lebih jelasnya, setiap tahun, pihak AFCC juga memamerkan karya-karya ilustrasi terpilih ini di dalam website mereka. Untuk tahun 2017, bisa dilihat di link ini : Book Illustrator Gallery 2017 . Screenshootnya seperti ini :

afcc galery

Bagus-bagus ya. Di website itu juga ada gallery untuk tahun 2016, 2015 dan 2014

Kalau mau ikutan bagaimana caranya?

Gampang. Biasanya beberapa bulan sebelum penyelenggaraan AFCC, panitia akan membuat pengumuman audisi. Jadi para ilustrator yang berminat memamerkan hasil karyanya bisa mengirim karyanya. Panitia akan menyeleksi dan memilih karya-karya mana saja yang akan muncul dalam BIG.

Untuk tahun 2017 lalu, pengumuman “call for illustrator” muncul di bulan Februari untuk penyelenggaraan di bulan Mei. Untuk tahun 2018, setahu saja pengumumannya belum muncul (dan semoga saja demikian). Jadi yang berminat silakan pasang mata dan siap-siap 🙂

Tulisan lain tentang AFCC :

Dari AFCC 2017 : Sesi Indonesian Mysteries and Historical Fictions – Part 1

Dari AFCC 2017 : Sesi Indonesian Mysteries and Historical Fictions – Part 2

Dari AFCC 2017 : Indonesian Pavilliun

Dari AFCC 2017 : Venue & Acvitities

Dari AFCC 2017 : Sesi Yang Saya Ikuti – Part 1

Dari AFCC 2017 : Sesi Yang Saya Ikuti – Part 2

Dari AFCC 2017 : Liputan di Majalah Tempo

Dari AFCC 2017 : Video – Sesi Indonesian Mysteries and Historical Fiction

Iklan
Ditandai sebagai: