Behind the Characters – Seri Fabel Persahabatan (Hari-Hari Seru Dorothy)

“Ayo keluar bersama kami dan berjalan-jalanlah!
Kami akan bertamasya di padang rumput yang indah.”
Awalnya Dorothy hanya mencari seorang teman.
Tapi, sekarang ia punya empat orang teman!

(Kutipan dari : Ayo Mencari Teman – Hari-Hari Seru Dorothy)

Seperti janji saya dalam posting “Behind The Scene seri Dongeng Persahabatan – Hari Hari Seru Dorothy”, maka inilah dia cerita saya tentang penemuan berbagai karakter yang menghidupkan kisah Seri Dongeng Persahabatan.

Dorothy si Berang-Berang Merah Jambu

Ini dia bintang dari seluruh kisah Dongeng Persahabatan : Dorothy si Berang-Berang yang warnanya merah jambu. Kenapa warnanya merah jambu? Entahlah. Hanya Tuhan dan Si Kakak saja yang tahu kenapa warna Dorothy bukan hitam, belang atau polkadot. Oiya seperti yang sudah saya ceritakan dalam postingan ‘Behind the Scene’, tokoh utama ini diciptakan saat Kakak dan emaknya sedang piknik di Taman Safari, Cisarua dan kebetulan melihat berang berang berenang-renang riang senang di siang luang.

Salah seorang teman saya pernah berkata bahwa tokoh-tokoh binatang yang ada di buku saya kebanyakan adalah hewan-hewan yang tidak umum. Sebelum Dorothy Si Berang-Berang lahir, sudah ada buku saya lainnya yang tokoh utamanya adalah Landak (Popo Si Bintang Rock) dan Buaya (seri Koko dan Kiki). Menurut teman saya itu binatang yang paling populer untuk dijadikan karakter dalam buku anak-anak adalah kelinci. Hmm, saya malah belum pernah punya buku yang karakter utamanya adalah Kelinci.

Kenapa hewan karakter utamanya berang-berang? Tidak tahu. Karena buku ini dibuat hanya dengan mengikuti khayalannya si Kakak yang kemudian disambut dengan keisengan pena emaknya saja.

Dorothy ini adalah berang-berang yang senang berteman (kelihatan kan dalam kisah Ayo Mencari Teman), senang bertualangan dan banyak bertanya alias tanya-tanya melulu. Contohnya ia bertanya Apakah Arti Keluarga, Apakah Warna Cinta, Apakah Cita-Citamu, Bagaimana Perasaanmu Hari ini, dll, dsb.

tokoh dorothy1

Mike, si Katak 

Dorothy, kan, tinggalnya di tepi telaga. Nah, di telaga pasti ada kataknya. Salah satunya si Mike ini. Mike is very athletic. Hobinya adalah melakukan segala hal yang tidak disukai si Kakak dan emaknya yaitu olahraga, berlari, melompat and everything outdoor (ya namanya juga katak). Mike punya satu adik, namanya Lola, dan ia sayang betul pada adiknya ini.

tokoh dorothy5

Nora si Lebah, 

Dalam dunia Dorothy, lebah  tidak hanya bisa bersuara buuuzzzz, terutama si Nora ini, ia bersuara merdu, bak penyanyi opera ditambah lagi ia juga pintar bermain biola! What a bee! What a wonderful bee! What a wonderful unbelievable bee!

Nora tinggal di atas pohon hanya dengan neneknya saja. Bagi Nora, neneknya, selain tentu saja biolanya, adalah segala-galanya baginya.

tokoh dorothy4

Charlie si Siput

Charlie adalah “siput buku”? Kenapa? Karena ia bukan kutu. Kalau ia kutu maka namanya menjadi “kutu buku”. Julukan kerennya si Charlie adalah “book snail” yeah. Kenapa? Karena ia bukan worm. Kalau ia worm maka julukannya akan berganti menjadi “book worm” (ehm, maaf ya Charlie, nama kamu masih tertulis sebagai book worm di potret kamu di bawah).  Nah si Charlie ini punya pet, alias hewan peliharaan, seekor ulat bernama Bob.

Snail is shy and nocturnal seperti kebanyakan sifat para penulis  Charlie si siput juga demikian. Ia pemalu, hobinya membaca buku, buku dan hanya buku. Charlie selalu sibuk… sibuk membaca buku. Tetapi Charlie tidak nocturnal karena ia hidup di duna Dorothy, dan di dunia Dorothy anak-anak termasuk Charlie si anak siput, tidak boleh begadang malam-malam.

tokoh dorothy3

Andy si Kura-Kura

Andy si Kura-Kura adalah sang pemikir, the ‘great thinker’. Kenapa kura-kura bisa muncul sebagai pemikir dalam Dunia Dorothy? Karena tampang kura-kura serius banget.  Oke, jadi si Andy ini tak pernah bisa berhenti berpikir. Ia selalu menciptakan alat-alat baru, mulai dari topi super yang bisa berubah menjadi payung hingga teropong canggih.

tokoh dorothy2

Sudah. segitu saja kisah karakter-karakter di dalam buku Serial Fabel Persahabatan (Hari-Hari Seru Dorothy). Semoga saja para pembaca menikmati kisah para karakter ini.

Selamat membaca!

Iklan