Tentang Buku Seri Pengenalan Budaya

Latar belakang

Berawal dari tahun 2015, Direktorat KepercaanTerhadap Tuhan YME dan Tradisi di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki inisiatif untuk membuat materi yang bertujuan untuk mengenalkan ragam upacara adat yang ada di seluruh nusantara.

Tujuannya apa?

Seperti yang saya kutip dari website resmi Kemdikbud, di bawah ini adalah tujuan dari proyek penulisn Seri Pengenalan Budaya :

1. Memperkenalkan keragaman budaya bangsa Indonesia kepada generasi muda
2. Meningkatkan pemahaman keanekaragaman budaya bangsa kepada generasi muda
3. Melestarikan warisan budaya bangsa dan memperkukuh kebudayaan Indonesia

Materi akhirnya diputuskan dalam bentuk buku. Ya, media apa lagi yang cocok untuk menyebarkan ilmu pengetahuan selain buku. Lewat internet juga bisa. Nah, maka dari itu selain buku fisik, pihak penyelenggara juga menyediakan buku dalam bentuk digital yang bisa diunduh lewat internet.

 

Siapa yang menulis?

Untuk setiap propinsi di Indonesia, akan ditunjuk tiga orang penulis yang akan menggali ragam upacara adat dan juga cerita rakyat yang akan dijadikan buku. Pada awal proyek ini, di tahun 2015 para peneliti-lah yang melakukan penulisan. Di tahun 2016, pihak penyelenggara mencoba untuk melakukan hal yang berbeda dengan merekrut para penulis buku anak-anak untuk menulis buku-buku dalam seri ini. Syaratnya para penulis tersebut harus berdomisili di propinsi yang diwakilinya.

Di sinilah saya terlibat. Jadi, di awal tahun 2016, saya dikontak untuk ikut di dalam proyek ini mewakili propinsi Banten. Setiap penulis akan memilih upacara adatnya masing-masing, tentu atas dasar persetujuan para pembimbing. Pembimbing? Iya lah, karena menulis tentang upacara adat memerlukan dasar ilmu tertentu baik untuk memahami esensi tentang upacara adat itu sendiri maupun cara menuliskannya. Saya memilih upacara adat yang dilakukan di Kasepuhan Citorek, Banten Selatan.

HELARAN-GEGENEK-SEPITAN

Hal yang berhubungan dengan bimbingan teknis penulisan buku, akan saya tuliskan secara terpisah.

Siapa yang mengilustrasi dan menerbitkan?

Semua judul dalam seri ini diilustrasi dengan apik oleh Innerchild Studio dan diterbitkan oleh Penerbit Kiddo, imprint dari penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Siapa target pembacanya?

Anak-anak tentunya! Iya, tahu. Anak-anak yang mana? Anak-anak SD kelas 4 sampai kelas 6. Karena isi buku cukup mendetail maka buku ini ditujukan untuk anak-anak yang sudah lebih besar.

Apa Isi bukunya?

Sesuai dengan judul serinya, maka buku-buku ini bercerita tentang berbagai macam upacara adat dan cerita rakyat yang ada di Indonesia. Walaupun penulisnya berbeda-beda namun tokoh utama dalam setiap buku selalu sama yaitu si Panca, anak umur 11 tahun, yang sangat suka bertualang. Si Panca inilah yang akan berkeliling Indonesia dan menceritakan tentang upacara-upacara adat melalui sudut pandangnya.

Banten Panca

Sejauh ini baru ada dua angkatan penulisan yaitu tahun 2015 dan 2016 yang meliputi seluruh propinsi di Jawa, Bali, Jambi, Palembang dan Sumatra Utara. Angkatan 2017 yang mencakup wilayah Aceh, Lampung, Bengkulu, Sumatra Barat dan Riau, setahu saya masih dalam proses pengerjaan.

 

Judul-judul dari tahun 2015 yaitu :

  1. Keunikan Saparan Pengantin Bekakak, Yogyakarta
  2. Grebeg Pancasila Hari Kelahiran Pancasila, Blitar
  3. Kemeriahan Mandi Safar, Jambi
  4. Istimewanya Kelahiran Bayi ala Morge Siwe, Palembang
  5. Dongkrek Upacara Mengusir Pageblug, Madiun
  6. Sesaji Rewanda Upacara Unik Bersama Monyet, Semarang
  7. Keseruan Pernikahan Tunggu Tubang, Palembang
  8. Kirab Nyai Dapu Merayakan Mata Air Ajaib, Semarang
  9. Seleh Taun Mapag Taun, Bandung
  10. Upacara Asyeik yang Asyik, Jambi

 

Judul-judul dari tahun 2016 yaitu :

Jpeg

  1. Legenda Batu Kuwung, Banten
  2. Keindahan Festival Layang-Layang, Bali
  3. Keseruan Helaran Gegenek dan Sepitan, Banten
  4. Misteri Kebo Iwa di Danau Batur, Bali
  5. Asyiknya Bertualang di Kampung Naga, Tasikmalaya
  6. Teka-Teki Upacara Muludan, Malang
  7. Hilangnya Bunga Kenanga Mahkota Ngarot, Indramayu
  8. Kemeriahan Upacara Adat Petik Laut, Banyuwangi
  9. Legenda Telaga Sarangan, Magetan
  10. Silaturahmi Dalam Upacara Seba Baduy, Banten
  11. Misteri Patung Sigale-Gale, Sumatra Utara
  12. Kisah Unik Tarawangsa, Sumedang
  13. Ulos Kasih Sayang, Sumatra Utara

 

Dimana diperoleh?

Buku Seri Pengenalan Budaya akan didistribusikan secara cuma-cuma ke sekolah-sekolah sebagai bagian dari Gerakan Literasi Sekolah. Selain itu versi digitalnya dapat diunduh melalui tautan berikut :

Seri Pengenalan Budaya Tahun 2015

Seri Pengenalan Budaya Tahun 2016

Iklan