Menciptakan Karakter Anak Perempuan Dalam Novel Anak

Satu tahun yang lalu, dalam rangka perayaan Hari Kartini, Penerbit Kiddo – KPG dan saya bekerjasama mengadakan kultwit Mengulas Bersama dengan tema “Karakter Anak Perempuan dalam Serial Misteri Favorit”. Setelah itu sebenarnya saya ingin mencatat rangkuman twit tersebut di dalam blog namun karena kesibukan maka rencana itu terlupakan. Saya baru ingat lagi sekarang, satu tahun kemudian, saat Hari Kartini sudah hampir datang lagi.

Slide 1

Baiklah, karena ada waktu dan ada  niat, sekalian saja saya tulis mengenai bagaimana cara saya menciptakan karakter anak perempuan dalam novel  Seri Misteri Favorit yang saya tulis (buku-buku dari Seri Misteri Favorit ditulis oleh beberapa penulis, yang saya jadikan studi kasus di sini tentu saja karakter dari buku saya).

Langkah-langkahnya… 

Saya tidak bilang ini adalah cara yang benar atau cara yang paling baik. Saya cuma akan bercerita bahwa cara-cara inilah yang saya lakukan.

Cari referensi dari buku lain

Sejak jaman dahulu, ada dua sekawan tokoh anak perempuan yang selalu memukai saya : Anne dan George dari serial Lima Sekawan. Anne mewakili anak perempuan kebanyakan sedangkan George adalah si anti maintream. Perpaduan dua karakter yang bertolak belakang itu menciptakan chemical yang unik dan memorable.

Karakter anak perempuan lainnya yang saya suka adalah Amelia Bedelia yang naturally funny; Laura Ingals yang kuat, mandiri dan penuh determinasi; Pipi Longstocking yang kelakuannya seaneh penampilannya. Kalau dari novel lokal saya suka karakter Noni yang badung karangan Bung Smas. Tapi Noni dari buku yang terbitan lama, bukan serial Noni yang dirilis ulang baru-baru ini.

 

Jadi intinya belajarlah dari karakter-karakter fiksi kesukaanmu.

Go out, look around, ada banyak karakter menarik di sekitarmu

Salah satu alasan saya suka naik kendaraan umum masal macam busway atau kereta adalah karena di tempat-tempat ini saya bisa mengamati manusia sebanyak-banyaknya. Percaya deh, mengamati manusia adalah sumber ide karakter yang enggak bakal ada habisnya.

Penulis itu bisa diam di tengah keramaian, tetapi di dalam otaknya sibuk mencatat semua fitur fisik, gesture menarik, dialog lucu dan sekelebat sifat yang secara jelas tergambar dari seseorang. Penulis pasti tahu apa yang saya bilang ini benar. Isi pikiran penulis dan orang kurang waras memang hanya beda-beda tipis saja.

Misalnya, saya pernah bertemu anak perempuan yang sepanjang jalan mengeluh karena dia tak mau ikut ibunya pergi naik kereta tapi takut ditinggal di rumah karena takut ketemu hantu. Ibunya tentu tidak menganggap cerita si anak. Tapi melihat anak itu kog saya jadi ingat karakter Coraline.

Lalu saya pernah juga mengamati seorang gadis yang senangnya kerja di bengkel (serius!). Dia bahkan cerita dengan jenaka kalau baru-baru itu ia baru saja membantu temannya memodif sebuah mobil, bahkan rela menggunakan langan kekarnya untuk mengangkat pantat mobil bagaikan pengganti dongkrak. Erg, dari sinilah saya dapat ide untuk menciptakan karakter Teh Euis dalam novel Misteri Kota Lautan Api.

Saya juga menciptakan tokoh Seruni dari novel Misteri Gurindam Makam Kuno setelah melihata seorang anak jalanan perempuan dalam perjalanan pulang dari kantor.

 

 

Go beyond the stereotype

Jadi begini, manusia itu gemar membuat stereotyping terhadap jenis manusia tertentu. Misalnya sterotype anak perempuan itu : tenang, manis, senang bermain boneka, rumahan, penurut, senang berdandan, dll. Nah, untuk membuat karakter anak perempuan yang kuat, buatlah yang berbeda dari stereotype umum.

Sudah, segitu saja. Hanya 3 langkah yang saya lakukan. Pendapat pembaca sendiri tentang karakter di dalam Serial Misteri Favorit yang saya tulis sangat beragama.

Berkenalan dengan tokoh anak perempuan dari novel yang saya tulis.

Karena novel anak yang saya tulis ada tujuh dan di setiap novelnya ada satu tokoh anak perempuan, maka, aka tujuh pula tokoh utama anak perempuan yang pernah saya tulis yaitu :

Di bawah ini adalah video berisi deskripsi dari karakter-karakter di atas.

Nah, bagaimana menurut kalian tentang karakter-karakter dari Seri Misteri Favorit yang saya tulis?

 

Iklan