West Java Leader’s Reading Challenge

Beberapa hari yang lalu saya iseng membrowsing judul buku saya : Misteri Gurindam Makam Kuno, hasilnya saya justru nyasar ke Website Gerakan Literasi Sekolah Dinas Pendidikan Jawa Barat. Gerakan Literasi Sekolah, saya sudah tahu, tapi ternyata Dinas Pendidikan Jawa Barat membawa gerakan ini lebih jauh lagi dengan mengadakan “West Java Leader’s Reading Challenge” (WJLRC).

Jadi ceritanya program WJLRC dimulai tahun 2012, mengadopsi dari program serupa di Australia. Dalam kegiatan WJLRC, siswa tak hanya diwajibkan untuk membaca buku tetapi juga harus membuat review buku tersebut untuk kemudian diupload di website WJLRC oleh pihak sekolah. Wow!

Ini tentu menggembirakan, karena tidak semua sekolah, ehem, melaksanakan program Literasi Sekolah sesuai ketentuan. Ada sekolah yang saya tahu hanya membuat program literasi sekolah berupa kegiatan 10 menit membaca satu kali seminggu (ulangi : 10 menit satu kali seminggu) tanpa diiringi kegiatan lanjutan apapun. Yeah…menyedihkan…

Oh iya, review yang dihasilkan tidak hanya berupa teks, tapi boleh gambar, diagram, ilustrasi, apa saja deh. Selain oleh siswa ada juga upload oleh guru dan upload karya tulis siswa. Nih, cek sendiri link di sini. Untuk melihat review para siswa se Jawa Barat bisa diklik di menu WJLRC.

Yang membahagiakan adalah…. beberapa buku saya juga ada di laman review WJLRC, terutama buku-buku dari seri Misteri Favorit-nya Penerbit Kiddo.

Untuk review lengkap bisa diklik di link di bawah ya…

Ini dia contoh review-review kreatif dari para siswa: review Misteri Favorit 1

Ini juga.

review Misteri Favorit 2

Keren kan? Buat yang penasaran bisa langsung tengok websitenya. Semoga kegiatan macam begini bukan hanya ada di Jawa Barat saja…

Iklan