Workshop Menulis Di Kompas Gramedia Bersama SMP Persatuan, Jakarta

Setelah acara Workshop di Sekolah Penabur Modernland  (seperti yang sudah diceritakan di sini), saya, sebagai penulis buku anak, kembali diminta untuk mengisi acara Workshop untuk anak-anak kelas IX dan X dari SMP Persatuan, Jakarta. Sebenarnya acara ini adalah salah satu kegiatan dalam rangkaian study tour selama sehari. Jadi, para murid akan diajak untuk workshop, melihat-lihat kantor penerbit, melihat proses percetakan buku dan terakhir berkunjung ke toko buku. Asli, keren banget ini programnya.

Workshop kali ini pun dimotori oleh Mas Widi dari Gramedia Puri Indah. Saat pertama kali diminta, saya tidak langsung meng-ok-kan karena melihat jadwal kegiatan saya yang lain. Setelah berkoordinasi dengan para pihak terkait, akhirnya saya confirm bisa.

Datang kepagian…

Untuk kegiatan kali ini saya relatif lebih siap 🙂 Acara dimulai pukul 8.30, tapi jam 7 saya sudah nongkrong di Stasiun Palmerah sambil makan roti. Oh iya, acara diadakan di Kantor Kompas Gramedia di Jl. Palmerah Barat. Setelah makan roti dilanjutkan dengan minum coklat di cafe di lantai dasar gedung. Lumayan untuk mengurangi grogi karena ini pertama kalinya saya menghadapi audience murid SMP.

Tadinya acara akan dibagi dalam 2 sesi, tetapi karena ruang yang tersedia cukup lebar, maka hanya akan ada 1 sesi dengan jumlah murid sekitar 100 orang.

Setelah sempat mundur satu jam, acara pun dimulai. Diawali dengan, sambutan dari Pak Guru, pimpinan rombongan:

Jpeg

 

Setelah sambutan balasan dari pihak Gramedia yang diwakili Mas Widi, acara workshop pun dimulai…

Jpeg

 

Begini nih acaranya…

Jenis-jenis karya tulis itu apa saja ya Adik-Adik?

IMG-20160410-WA0006

Kalau yang ini peta karya fiksi

IMG-20160410-WA0005

Hm…untuk membuat tulisan yang bagus perlu bahan dan bumbu-bumbu. Seperti kalau kita memasak sayur sop: ada wortelnya, ada kentang, ada potongan daging, ada bumbu lada, sayur kubis dan seledri maka untuk membuat tulisan yang enak harus ada Seting, Tema, Karakter, Konflik, Alur dan Sudut Pandang.

IMG-20160410-WA0003
Di penghujung acara ada oprek hasil karya. Satu anak perempuan dan satu anak laki-laki maju. Yang heboh adalah saat salah satu anak laki-laki maju dengan karakter dan garis besar cerita andalannya tentang si Upin Bewok. Gosh! Memang anak SMP imaginasinya sedikit lebih lucu dari anak SD.

IMG-20160410-WA0001

Acara pun selesai. Para murid masih lanjut meninjau kantor Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) termasuk mengunjungi redaksi Kiddo – lini khusunya buku anak penerbit KPG. Oiya sebelum bubar foto-foto dulu. Foto dibagi dalam 4 grup. Iya e-m-p-at, soalnya peserta banyak. Ini foto bersama salah satu grup :

Jpeg

 

Dan yang ini toto dengan guru-guru di depan kantor KPG

IMG-20160410-WA0000

Oke, dengan demikian acara hari itu buat saya resmi ditutup. Terimakasih Kiddo dan Gramedia Puri Indah yang sudah mengundang saya. Terimakasih juga untuk Bapak Ibu Guru dan murid-murid SMP Persatuan untuk atensinya yang luar biasa. Semoga sharing yang ini bisa bermanfaat.

Iklan