Behind the Scene – Cerita Satwa Langka Dunia

slangkadun

Naskah buku ini berawal dari 4 tahun yang lalu. Ya, benar. E m p a t tahun! Itu lama waktu yang dibutuhkan oleh naskah ini untuk bisa terbit. Perjalanan panjang, penuh dengan revisi, keringat dan air mata 🙂

Bagaimana perjalanan ini dimulai?

Jadi, ceritanya, 4 tahun lalu, saat si Kakak baru 5 tahun dan si Adik baru satu tahun, saya sering sekali membacakan cerita tentang binatang pada mereka berdua. Bukan fabel melainkan cerita tentang binatang berdasarkan fakta. Istilah kerennya “animal science”. Si Kakak (dulu) adalah penyuka cerita binatang. Mulai dari yang beneran cute seperti bunny, ducky, dog or cat sampai yang bikin merinding seperti ular, kadal dan berbagai serangga. Dari yang sekecil laba-laba hingga yang sebesar badak. Karena si Kakaklah saya jadi punya ide untuk membuat kumpulan cerita pendek tentang kehidupan binatang.

Proses riset dan menulis

Mulanya saya membuat 20 cerita. Saya pilih binatang-binatang yang kira-kira punya kehidupan, kebiasaan, dan kebolehan yang lain dari pada yang lain. Saat itu belum terpikir oleh saya untuk memberi tema : Satwa Langka Dunia. Dari 20 cerita itu sebenarnya saya bagi lagi menjadi 4 sub tema dengan judul “Suatu hari bersama…”

Mengenai langkah-langkah saya membuat Picture Book bisa dilihat di sini.

Mencari penerbit dan Ilustrator 

1

Proses ini adalah yang paling berdarah-darah. Saya menawarkan naskah kini ke beberapa penerbit. Saya lupa jumlah pasti berapa, mungkin sekitar 4 atau 5 penerbit. Pada akhirnya naskah ini di-acc oleh BIP, tetapi tidak semua cerita diterima. Editor BIP, Mbak Putri Sastra menginformasikan bahwa hanya akan ada 10 cerita yang diambil. Dilihat dari keunikannya, para binatang yang terpilih adalah :  Tapir, Hammerhead Shark, Blue Whale, Pari Manta, Pinguin Kaisar, Kasuari, Lalat Penari, Kumbang Pengbom, Belalang Ranting, dan Burung Unta.

Setelah firm tentang cerita yang dipilih, dilanjutkan dengan proses editing. Ada beberapa bagian yang harus direvisi, ditambah atau dikurangi. Perjalanan diteruskan dengan pencarian ilustrator. Dari sekian banyak sample ilustrasi yang masuk akhirnya diputuskan bahwa pengerjaan ilustrasi buku ini akan dilakukan oleh Clay Studio.

Dilupakan beberapa tahun…

Saya sempat lupa akan naskah ini karena kesibukan-kesibukan lain. Naskah ini pun tertunda cukup lama. Hingga akhirnya saya menerima email dari BIP. Ternyata editor untuk naskah ini sudah dilimpahkan ke Mbak Dewi Widyastuti. Desainernya pun sudah berganti menjadi Mas Dandy. Mbak Dewi mengabarkan bahwa naskah saya sudah selesai diilustrasi dan tinggal dicek untuk finishing akhir. Yeay! Oiya, judul buku pun dibuat lebih cetar yaitu “Cerita Satwa Langka Dunia”

Melihat buku sudah terwujud di hadapan mata, sungguh mengharukan sangat. Pertama karena buku ini akhirnya terbit juga. Kedua karena kehadiran buku ini mengingatkan saya akan masa balita si Kakak karena cerita dalam buku ini adalah dongeng saya pada si Kakak kecil.

Terimakasih BIP, Mbak Putri, Mbak Dewi, Mbak Etta, Mas Dandy dan Mas Budi dari Clay Studio. Tanpa kerjasama yang baik, buku ini tidak akan pernah terbit. Semoga saja buku ini bermafaat bagi anak-anak Indonesia.

Detail buku bisa dilihat di sini

Book trailernya ada di sini

Iklan