Behind the Scene – Untung Ada Mereka

Sebenarnya buku ini sudah lama terbit. Namun, mengikuti tradisi bahwa saya selalu membagikan kisah tentang penciptaan sebuah buku, maka post ini tetap dibuat, sebagai pengingat akan perjuangan saya menulis cerita-cerita dalam buku ini. Ide awal buku ini datang dari Mas Hari, salah satu editor di Penerbit Tiga Serangkai pada bulan April 2016. Tema besar buku ini adalah tentang peran berbagai profesi di sekitar kita yang sering terlupakan padahal banyak jasanya seperti : petugas kebersihan, penjaga parkir, asisten rumah tangga,  dan tukang bangunan. Total ada lima judul. Saya tinggal mengembangkan dari sana. Mudah ya? Awalnya memang tampak gampang, tetapi ternyata dalam prosesnya melibatkan beberapa kali ganti format dan revisi panjang hingga lebih dari satu tahun lamanya. COV_Untung OKE Di naskah awal saya membuat satu buku untuk masing-masing judul dengan satu paket karakter yang sama untuk keseluruhan judul. Jadi tokoh utama untuk setiap buku adalah satu anak laki-laki dengan satu orang adik, satu orang sahabat dan sepasang orang tua. Dalam hidup sehari-harinya si tokoh utama itu akan berinteraksi dengan tokoh utama lain yang memiliki profesi sesuai tema buku. Naskah selesai. Tidak lama. Lalu saya lupakan. Literally. Saya benar-benar lupa. Hingga lebih dari 6 bulan kemudian. Karena belum ada kabar dari editor, maka saya mengontak editor di akhir 2016, dan ternyata… editor mengira sudah mengirim email tanggapan, tetapi emailnya tidak sampai. Haha. Jadi email dikirim ulang dan…. format cerita harus dirubah total! termasuk tokohnya. I was…dumbfounded lalu pingsan.

Setelah berhasil memunguti ceceran semangat, saya pun memulai proses revisi. Jadi, cerita yang tadinya akan menjadi 5 buku, dipadatkan menjadi 1 buku saja. Ceritanya tetap ada lima, tetapi formatnya semua tumplek di satu buku. Konsekuensinya jumlah halaman per cerita harus dipangkas sentengahnya. Dari 32 menjadi 16 halaman saja. Cerita di naskah awal sudah saya buat berima. Jadi sayang rasanya kalau harus membuangnya. Karena buku ini untuk anak yang SD kelas rendah, maka saya putuskan untuk sebisa mungkin menggabungkan rangkaian katanya. Memang menjadi agak wordy, tetapi semoga saja keasyikan rimanya tidak berkurang.

LO_Untung-ada-mereka-fix_Page_03.jpg Lalu, karakter yang tadinya sama untuk semua cerita harus diganti. Karakter dibuat merata gender dengan sifat dan perilaku berbeda-beda, masing-masing satu set untuk setiap cerita. No problem. Saya kerjakan. Naskah versi kedua. Setelah itu diperlukan waktu setengah tahun lagi untuk melakukan revisi lanjutan bolak-balik termasuk review berdasarkan pendapat psikolog. Dalam pejalanannya, ada beberapa kata-kata yang perlu diganti, karena dirasa kurang cocok untuk anak-anak. Buku ini memang dibuat hati-hati. Kira-kira Desember, baru naskah selesai dan ilustrasi mulai dikebut.

kira-kira pertengahan tahun 2018, bukti terbit datang. Jadi lebih dari dua tahun ya sejak ide awal dilemparkan hingga buku ada di tangah. Semoga buku ini bisa bermanfaat untuk anak-anak Indonesia.

Detail buku bisa dilihat di sini

Trailer bisa dilihat di sini

Iklan
Ditandai sebagai: