IBBY Honor List -The “What” and the “How”

Baru-baru ini sebuah kabar mengejutkan mengguncang hidup saya, yaitu berita bahwa salah satu buku yang saya tulis masuk dalam Honor List International Board on Books For Young People (IBBY) tahun 2016. Beberapa pertanyaan langsung membanjiri saya: Apa itu IBBY? Daftar apakah itu Honor List? Bagaimana caranya masuk ke daftar itu?

Baiklah, saya coba menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dalam artikel di bawah ini.

Apa itu IBBY?

IBBYlogo

Sesuai dengan singkatannya IBBY (International Board on Books For Young People) adalah badan buku internasional khusus untuk pembaca muda. Menurut penjelasan dalam situsnya : www.ibby.org, IBBY adalah organisasi non profit yang beranggotakan perwakilan dari seluruh dunia yang memiliki misi antara lain untuk :

  • memberi anak-anak akses kepada buku-buku berstandar tinggi.
  • mendorong publikasi dan penyebaran buku-buku anak berkualitas terutama di negara-negara berkembang
  • memberikan dukungan dan pelatihan bagi siapa saja yang terlibat dalam dunia anak-anak dan buku anak.
  • merangsang penelitian dan karya ilmiah di bidang sastra anak.
  • melindungi dan menjunjung tinggi hak anak-anak sebagaimana dituangkan dalam konvensi PBB.

IBBY didirikan di Zurich tahun 1953 dan saat ini telah beranggotakan 75 negara dengan kondisi perbukuannya yang bervariasi. Sekretariatnya ada di Kota Basel, Switzerland. Organisasi ini juga sudah diakui oleh UNESCO dan UNICEF, dua lembaga PBB yang mengurusi bidang kebudayaan, pendidikan dan hak anak-anak.

IBBY Honor List

Honor List adalah salah satu award yang diberikan oleh IBBY, di antara banyak award lainnya. List ini diterbitkan dua tahun sekali dan berisi daftar penulis, ilustrator dan penerjemah yang karyanya dianggap menjadi perwakilan dari karya terbaik sastra anak di negara-negara anggota. Karya yang terpilih adalah yang memberikan pandangan terhadap keberagaman budaya, politik dan seting sosial dimana anak-anak hidup dan bertumbuh.

Lebih jelasnya dapat dilihat dari kutipan yang saya ambil dari website IBBY:

Important considerations in selecting the Honour List titles are that the books are representative of the best in children’s literature from the country and that the books are suitable for publication throughout the world. The selection provides insight into the diverse cultural, political and social settings in which children live and grow and it can be used by all those involved with developing educational and literacy programmes and publishing initiatives to develop exemplary “international” collections.

 

ibby 2014
Sampul Katalog IBBY Honor List 2014

Bagaimana “Misteri Kota Tua” Bisa Masuk Dalam Honor List?

Buku yang dipilih untuk masuk ke dalam IBBY Honor List sebelumnya harus dinominasikan terlebih dahulu oleh National Section di masing-masing negara anggota. Indonesia Section dari IBBY dinamai INABBY dan diketuai oleh Ibu DR. Murti  Bunanta.

Keterangan tentang INABBY bisa dilihat di sini atau di sini. Ibu Murti Bunanta sendiri adalah seorang penggiat literasi anak yang selama ini aktif dengan Komunitas Pencinta Bacaan Anak (KPBA) atau Society for the Enhancement of Children’s Literature. Kegiatan komunitas ini bisa dilihat di sini.  Bagi yang ingin tahu lebih jauh tentang DR. Murti bisa juga mengintip profil beliau di link ini.

Singkat cerita, pada suatu hari Minggu saya dikontak oleh Ibu Murti. Beliau mengatakan mendapat nomor telepon saya dari Kiddo-KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), penerbit Serial Misteri Favorit. Suatu kejutan luar biasa untuk saya, karena saya ditelpon oleh tokoh literasi anak yang selama ini namanya hanya saya dengar saja, namun tidak pernah berkontak langsung. Dalam kontak pertama ini, Ibu Murti berbicara tentang buku saya, Misteri Kota Tua dan IBBY. Pembicaraan telepon disambung dengan pembicaraan tatap muka di suatu venue di selatan Jakarta yang mengkonfirmasikan tentang takdir buku saya itu.

Misteri Kota Tua

Surprised. Stunned. Karena even in my wildest imagination tidak pernah terpikir oleh saya kalau salah satu buku saya akan masuk dalam daftar International. Thanks to Ibu Murti dan INABBY yang telah menominasikan buku itu.

Daftar lengkap IBBY Honor List 2016 ada di sini.

Reward Apa yang Diperoleh?

Buku yang masuk ke dalam Honor List akan mendapatkan reward di bawah ini:

  1. Buku akan dimasukkan ke dalam katalog khusus. Katalog tersebut akan diluncurkan tepat pada saat IBBY Conggres yang tahun ini akan diadakan pada bulan Agustus di Aotea Centre, Auckland, New Zealand. Setelah peluncuran, katalog akan disebarkan ke seluruh penjuru dunia.
  2. Buku yang masuk dalam Honor List juga akan dipertunjukkan  pertama kalinya kepada publik di dalam IBBY Congress di atas.
  3. Buku kemudian akan dipamerkan secara bergilir dalam berbagai eksibisi, konferensi buku dan book fair, di antaranya di Jepang, Russia, USA dan Bologna Book Fair 2017
  4. Buku akan disimpan sebagai koleksi tetap di International Youth Library di Munich, di Swiss Institute for Child and Youth Media di Zurich, di Bibiana Research Collection di Bratislava, di IBBY Tokyo dan di Northwestern University Library di Evanston, Illinois.
  5. Penulis diundang untuk hadir dalam Official Presentation of 2016 Honour List Diploma dalam Congress IBBY
IBBY letter
Surat yang saya terima dari IBBY

Hal ini tentu membuat saya senang dan bertambah semangat, walaupun belum ada apa-apanya dibandingkan dengan prestasi penulis lain. Oiya penerbitku yang baik hati juga ikut senang dan membuatkan kartu yang mengharukan ini 🙂

ucapan selamat dari Kiddo

Thanks Kiddo, without you buku ini tidak akan pernah lahir. Terimakasih juga untuk Ilustrator, editor, mentorku, Kampung Sewan yang telah memberi inspirasi, dan semuanya!

 

 

 

Iklan