Apa Yang Diinginkan Pembaca Dari Sebuah Buku Misteri

Misteri
Memenuhi janji saya saat mengadakan Kuis Misterius tempo hari, berikut ini saya rangkumkan jawaban dari para peserta kuis, mengenai apa yang paling mereka inginkan saat membaca sebuah buku bergenre misteri, thriller atau anything yang berbau nakut-nakutin.

1. Mengasah Logika Berpikir

Sebagian besar pembaca ternyata menginginkan cerita yang tidak sekedar horor, mengagetkan, mengerikan tetapi juga masuk akal, menyajikan fakta dan mengajak pembaca untuk berpikir kritis, tanpa unsur ghaib ataupun mistis, sehingga pembaca bisa merasakan ketegangan-ketengan yang real (whatever that means). Semua petunjuk haruslah sesuatu yang bermakna dan memiliki tujuan *ruwet amat yak?*

2. Jalan Cerita Yang Bikin Penasaran

Hallah, jelas ini. Kalau gak dibuat penasaran mana mau pembaca membaca sampai habis. Nggak usah dibahas poin yang ini.

2. Ending yang Tidak Mudah ditebak

Tentu saja, mana ada sih pembaca yang rela membaca buku thriller tapi endingnya udah ketahuan. Mana seru? Penyelesaian konflik or pemecahan misterinya harus kreatif dan gak boleh terlalu gampang. Kalau perlu pembaca maunya ending yang twisted, open dan (barangkali) sedikit menjengkelkan tapi gak nyebelin-nyebelin banget, jadi para pembaca masih bisa menutup halaman terakhir buku nggak sambil misuh-misuh atau banting buku.

3. Ada Bumbu Humornya

Whehe, humor dimana-mana jadi favorit, tulisan segala genre saat ini menuntut sedikit humor di sana dan di sini. Tak terkecuali cerita misteri. Mungkin nanti judul genrenya : Misteri Komedi. Namuuuun, para pembaca inginnya komedi yang cerdas dan mendukung jalan cerita. Jadi tak sekedar tempelan dan pastinya harus tetap menghibur dan menyegarkan di sela-sela jalan cerita yang menegangkan.

4. Menambah Wawasan

Pembaca jaman sekarang, ingin buku yang menambah pengetahuan juga. Pengetahuan yang bikin pembaca makin pintar. Misalnya dengan mengaitkan pemecahan misteri dengan bahasan sains sederhana. Contoh lain:  sewaktu membaca Misteri Dapur Nenek (judul khayalan), pembaca bisa tahu jenis-jenis bumbu dapur mana saya yang bisa dijadikan racun, dll, dsb.

5. Cerita Yang Mampu Melibatkan Pembaca

Maunya pembaca, kalau sedang membaca cerita detektif berasa ikut jadi detektif beneran juga, kalau sedang membaca cerita petualangan serasa ikut berpetualang juga, kalau sedang membaca cerita horror serasa ikut jadi hantunya juga…

5. Setting Unik

Ada dua sisi mata uang di sini. Beberapa pembaca lebih memilih cerita dengan setting yang sudah familiar, terasa nyata dan terjangkau alias mungkin saja tempat ini bisa dikunjungi oleh pembaca. Namun beberapa pembaca lebih suka setting yang jauh, belum pernah didatangi dan tidak dikenal.

6. Karakter Tokoh Utama

Dalam hal ini peran ilustrator dalam menggambarkan si tokoh yang biasanya nangkring di sampul depan sangat penting. Para peserta kuis banyak yang menjawab bahwa mereka tertarik pada penggambaran di tokoh yang kelihatan tomboy, pecicilan, pemberani. Selain itu relasi para tokoh utama juga bisa menjadi faktor penarik yang membuat pembaca ketagihan ingin membaca terus judul-judul selanjutnya, terutama untuk novel-novel berseri yang tokoh utamanya banyak. Misalnya kehebohan tim lima sekawan, kekompakan trio detektif, kekonyonlan scooby doo and the gank, dll.

Sepertinya semua sudah saya rangkum di sini. Semoga gak ada yang ketinggalan. Nantikan kuis selanjutnya ya pencinta cerita misteri J

Iklan