Workshop Menulis Cerita Anak di BPK Penabur Gading Serpong

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jadi, semua bermula saat di suatu hari yang biasa-biasa saja, datang message dari mbak Dikha, editor penerbit Kiddo KPG kalau saya diminta untuk menjadi narasumber dalam acara pelatihan alias workshop menulis untuk anak-anak SD BPK Penabur Gading Serpong. It was….good news, mengingatkan saya akan kepribadian ganda saya yang nomor tiga yaitu sebagai penulis (kepribadian pertama sebagai emak-emak rempong dan kepribadian kedua saya sebagai emak karir sok sibuk)

Acara tersebut ternyata adalah salah satu dari rangkaian acara pengisi kegiatan sekolah setelah masa ulangan umum berakhir. Selain workshop menulis ada pula workshop mendongeng. Saya kebagian mengisi slot untuk anak kelas empat, tanggal 12 Juni 2015 dengan durasi satu jam saja. Para pemateri lain selain saya adalah Teh Ary Nilandari (wow…*mendadak minder) dan sesama penulis Serial Misteri Favorit,  Mbak Erlita Pratiwi.

Persiapan

Demi konsistensi, Penerbit sudah menyiapkan garis besar materi. Ini supaya materi antara pengisi satu dan lainnya ada benang merahnya. Penerbit bahkan membuat satu grup FB sendiri bagi para pemateri untuk saling berdiskusi. Tetapi emang saya dasarnya sok banyak kerjaan, saya baru bisa mengecek hasil diskusi beberapa jam sebelum acara dimulai (please jangan ditiru). Jadi materi baru saya chek sekitar jam 3 pagi pada hari H. Dalam waktu mepet saya membuat slide presentasi yang diminta. Jam 7 pagi slide presentasi saya yang (ehem…) ternyata bagus juga selesai. Buru-burulah saya bak tarzan kesiangan bergegas menuju tempat acara. Untung saya kebagian sesi jam 10 pagi, jadi tidak terlambat.

Showtime! Seru seru seru! Heboh heboh heboh!

Sesi saya dimulai tepat waktu. Saya sempat mendapat kendala saat menyeting laptop yang saya bawa sendri dari rumah. Sempat deg-degan juga saat salah satu video saya tidak bisa terbuka dengan baik. Tapi untung masalah teratasi *fiuh*

Acara dimulai dengan perkenalan….

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Lalu… mulailah saya…action!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Materi pertama adalah tentang pengenalan jenis-jenis karya tulis. Kemudian mengenai cara membuat karya tulis. Langkah pertama tentu membuat karakter. Saya bebaskan anak-anak untuk membuat karakter sesuai guideline yang sudah disampaikan, boleh ditulis, boleh digambar, boleh manusia, binatang, mosnter, robot atau mahluk abstrak lainnya. Hasilnya? Banyak banget ide karakter keren!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Siapa yang berani sharing hasil oprek karakternya bisa dapet hadiah looo!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Selanjutnya, setelah materi tentang karakter, mulailah masuk ke bagian plot, the journey hero, termasuk how to create twist and ending. Diskusi berlangsung meriah, seru dan sangat interaktif. Dari barisan depan sampai belakang semu bertanya. Saya jadi harus mondar mandir lari-lari menghampiri audience.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tugas terakhir adalah, para peserta harus membuat outline plot dengan menggunakan karakter yang sudah mereka create di tugas pertama dan berdasarkan teori-teori dan contoh-contoh ciamik dari Kak Yovita Siswati (cieee). Selama proses ini peserta bebas bertanya tetapi enggak boleh protes kenapa tugasnya susah hehehe…. Saking antusiasnya saya pun diserbu dari segala penjuru. Ramai-ramai mereka mendatangi saya di depan kelas dan menodong dengan berbagai pertanyaan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagi yang sudah menyelesaikan tugas kedua boleh maju di depan kelas untuk membacakan plot yang sudah disusun. Yang berani maju boleh dapat salah satu buku Misteri Favorit. Hasilnya luar biasa lo…dari plot-plot yang dibacakan semuanya bisa dikembangkan menjadi satu cerita utuh. Ada yang tentang penculikan oleh alien ataupun tentang persahabatan. Ternyata anak-anak di sini sangat berbakat.

Pesan terakhir dari Kak Yovita, teruslah berlatih, siapa tahu bisa punya karya yang diterbitkan, lumayan dapat honor, memang sih tidak akan bikin kalian kaya raya, tetapi paling enggak bisa dapat uang saku buat jajan sebulan. Setelah pesan ini tampak anak-anak mencatat dengan serius alamat Penerbit Kiddo kalau-kalau mereka hendak mengirim naskah. Okeh, dengan demikian sesi workshop selesai!

Terimakasih anak-anak. You rock…banget! Thanks juga pihak sekolah yang sudah membuat acara super keren ini, juga penerbit Kiddo yang sudah mengundang saya. Sebelum pulang, pasti donk foto-foto dulu…

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Iklan