Pemenang Kuis Misterius 2

cover Misteri Kerajaan Kuno (1) (1)_Page_1

Tarraaaa! Akhirnya… setelah galau tingkat khayangan saya berhasil juga menentukan pemenang untuk Kuis Misterius yang sudah diadakan untuk kedua kalinya ini. Frankly speaking, sulit banget menentukan pemenang karena semua jawaban bagus-bagus dan hampir mencakup dari Sabang sampai Merauke. Ada beberapa jawaban melukiskan tentang daerah yang sudah yang saya kenal bahkan pernah saya kunjungi, namun demikian ada sisi keunikan daerah tersebut yang belum saya tahu. Lalu ada juga jawaban tentang daerah-daerah yang belum pernah saya datangi, jawaban-jawaban yang buat saya serve as some kind of eye-opener 🙂

Cover Kampung Hitam 1

Oke, singkat kata, pemenangnya adalah…..*drum roll please…*

1. Agnes Bemoe

Pulau Sumba dengan kepercayaan Marapunya, huihhh… eksotis dan misterius banget! Apalagi kondisi alam berupa padang sabana dengan kuda-kudanya yang gagah serta tradisi yang unik, salah satunya Pasola: adu lempar lembing sambil naik kuda. Konon, luka yang disebabkan oleh lembing bisa disembuhkan dengan ajaib oleh dukun. Tradisi Pasola didahului oleh tradisi mencari nyale (cacing laut) diiringi dengan doa-doa oleh para Rato (tetua adat). Pokoknya, super mistis dan misterius abiss!

2. Fenita Gustini

Tempat kelahiranku unik dan misterius, terletak di Sumatera Selatan, Kota Lubuklinggau. Kota kecil memang dan kini masih terus berkembang, tapi aksesnya sudah lebih baik, minimal tidak akan kesulitan menempuh perjalanan dari satu daerah ke daerah yang lain. Udaranya masih asri dan banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Juga kami punya kepercayaan leluhur yang sama dengan sinetron ‘Manusia Harimau’ itu loh, mungkin karena Bengkulu dan Lubuklinggau berdekatan, ada aura mistisnya dan sangat misterius.

3. Tyas Widjati

Mencelat jauh sekalian ya..ke kepulauan mentawai. Tradisi tatonya..kepercayaan animisme dinamismenya..bagaimana mereka minta ijin sama tanaman dan hewan sebelum mengkonsumsi. Hutan tropisnya nya yang tebal banget. Pantai yang dicari banyak orang karena ombak indahnya. Belum lagu barang yang ada filosofinya. Seperti mainan kayu burung2 an yang ada di bawah atap rumah tradisional mereka. Semua bisa jadi bahan.

4. Sukimah Yono

Kota Semarang, dengan Gedung Lawang Sewunya, Mbak Yovita Siswati. Di Lawang Sewu ada penjara bawah tanahnya, yang kalau ditelisik lebih lanjut terhubung dengan SMA 3 dan Pasar Bulu. Ada cerita mistisnya, yang tak kalah menarik adalah kisah perjuangan pahlawan Semarang yang dipenjara dan dikubur di Lawang Sewu.Di Kota Lama Semarang ada grejo Blendhuk, kali mberok dan Pasar Johar yang tetap menggeliat hingga kini.

Untuk para pemenang selamat yaaaa. Untuk yang belum menang, tenaaaaang, masih ada kesempatan selanjutnyaaaa.

Salam Misteri,

Yovita Siswati

Iklan