Behind The Scene – Seri Waktunya Tidur

Ide membuat buku “Seri Waktunya Tidur” ditawarkan oleh Penerbit Tiga Serangkai pada saya melalui Mbak Yenni, editor untuk buku anak-anak pada bulan Maret 2018. Jadi kalau dihitung keseluruhan, butuh waktu satu tahun tujuh bulan untuk cerita ini dari pemikiran abstrak menjadi bentuk fisik buku yang bisa dibaca.

Kenapa bisa begitu lama? Semuanya gara-gara saya. Karena proses penulisan buku ini banyak diselingi aktivitas lain termasuk pekerjaan kantor yang padat dan perjalanan-perjalanan ke luar kota.

Konsep Buku 

Konsep buku ini fun, sederhana, lucu, dan menurut saya sangat menarik, yaitu tentang bagaimana perilaku hewan-hewan saat hendak tidur. Saat ingat, beberapa waktu sebelumnya, saat sedang membacakan dongeng pengantar tidur untuk si Adik, si Adik pernah bertanya : Do animals sleep? Do they sleep like me? Do their mommies and daddies tucked them into the bed? Do they have bed time stories too? Do they sleep on comfy beds? Do their mothers kiss them to sleep, etc, etc.  Buku ini pastilah cocok sekali untuk memjawab keingintahuan si Adik. So, I accepted the challenge. Saya terima tawawan untuk menulis buku ini.

Proses Menulis

Sejak awal saya membayangkan kalau buku ini akan bergenre Narrative Non-Fiction : cerita non fiksi, alias berdasarkan fakta tetapi dalam bentuk cerita. Karena akan ke arah non-fiksi maka riset menjadi penting. Sebagian besar waktu menulis selama sekitar tiga bulan dihabiskan untuk riset baik dari buku literature maupun sumber online.

Di bulan Juli tahun 2018, naskah sudah selesai. Saya hanya diminta menulis 3 cerita, tapi saya submit 5 cerita. Saya memang senang berlebihan haha. Sebenarnya masih ada tiga draft lagi yang tidak jadi saya submit, jadi totalnya saya membuat 8 cerita. Ini karena buat saya terlalu banyak hewan yang kelakuan tidurnya begitu unik dan rasanya semuanya lucu, jadi saya tulis saja semuanya.

Akhirnya dari 5 cerita yang saya submit, dipilih tiga cerita, yaitu cerita tentang Mori si anak orangutan dalam cerita Aku Mau Tidur Sekarang!, Gugi si anak berang-berang dalam dalam kisah Aku Mau Tidur Sendiri!, dan Suli si anak kukang dalam dongeng Jangan Tidur Dong!

Proses Ilustrasi

Ilustrator yang diberi kepercayaan oleh penerbit untuk mengilustrasi buku ini adalah dari Tim Innerchild untuk cerita Aku Mau Tidur Sekarang!  dan Aku Mau Tidur Sendiri! Sedangkan untuk cerita Jangan Tidur, Dong!, diilustrasikan oleh Mas Bella Ansori.

Contoh karya Tim Innerchild bisa dilihat di Instagram @innerchildotakatikotakvisual. Galeri ilustrasi Mas Bella Ansori bisa diintip di Instagram @bellanshori

Proses ilustrasi mulai dari sketsa hingga coloring juga berjalan cukup lama karena banyak elemen gambar yang harus disesuaikan dengan fakta. Jadi ada beberapa kali bolak-balik revisi. Selain itu lamanya proses ini juga karena saya yang sering hilang (hilang sinyal di negeri antah berantah atau hilang dari dari dunia online karena kesibukan offline yang bukan main). Saya sangat mengapresiasi kesabaran Mbak Editor para ilustrator menunggu feedback dari saya.

Review Ahli

Ini adalah salah satu proses tambahan yang disyaratkan oleh Penerbit sebelum buku dinyatakan laik cetak. Jadi, saya harus mencari pihak ketiga yang kompeten yang dapat memberikan review tentang naskah yang sedang ditulis, apakah sudah benar secara keilmuan atau belum. Saya sudah sempat menanyai beberapa teman apakah mereka memiliki informasi, ahli biologi yang bisa saya hubungi sebelum saya menyadari bahwa adik saya adalah seorang guru mata pelajaran Biologi di sebuah SMP yang bisa saya mintai bantuannya.

Adik saya bersedia membaca naskah saya dan memberikan masukannya, tetapi saya harus sabar karena selain menjadi guru, adik saya itu juga ibu dari 2 anak balita, jadi review naskah saya akan dikerjakan di sela-sela waktu luangnya.

Hasil review dapat diterima oleh pihak penerbit dan beruntungnya saya, reviewer juga bersedia memberikan endorsement seperti di bawah ini….

Review bisa juga dilihat lebih jelas di Review : Jangan Tidur Dong! Review Aku Mau Tidur Sendiri! Review : Aku Mau Tidur Sekarang!

Terbit!

Finally! Setelah satu tahun lewat, semua proses telah terlewati. Saya dikirimi hasil layout, cover dan diinformasikan jadwal terbit. Jadi betapa senangnya saya bisa mengupload flyer-flyer coming soon di bawah ini :

Daaan lebih bahagia lagi rasanya ketika saya benar-benar bisa posting flyer promo ini di media sosial saya :

Jangan lupa untuk check book trailer untuk ketiga buku ini : Aku Mau Tidur Sekarang! Aku Mau Tidur Sendiri! dan Jangan Tidur Dong!

Jadi, buku ini sekarang sudah tersedia di toko buku. Atauuu, bisa juga membeli satu paket buku yang terdiri dari tiga buku di website ini dengan mengklik LINK INI

Jika ingin membeli satuan, bisa juga mengklik satu per satu judul di bawah ini.

Enjoy the book!

Iklan