Behind the Scene – Perangkap Hebat Soma (part 2)

Ini dia lanjutan cerita Behind the Scene – Perangkap Hebat Soma – Part 1

Jadi setelah acara foto keluarga di hari terakhir workshop dan penyerahan sertifikat, apa lagi yang menanti? Ini daftarnya : menunggu hasil workshop ilustrator, revisi naskah, revisi lagi, lagi, lagi, lagi, field testing, revisi lagi sampai dead…(line), launching lalu hore-hore merayakan kelahiran buku ini.

Drama ilustrator

Ilustrator terpilih juga mengikuti workshop terpisah yang mungkin tak kalah stressful dibandingkan dengan workshop penulis. Saya beberapa kali dimintai masukan oleh Mbak Lani dan Mas Galih selama proses workshop ilustrator berlangsung.  Ilustrasinya bagus dan prosesnya pun terlihat cukup lancar. Setelah workshop ilustrator selesai seharusnya proses ilustrasi langsung dimulai, tapi masalah timbul ketika ilustrator kabur! Maksudnya sama sekali tak bisa dihubungi!

Karena proyek harus terus berjalan, pihak Penerbit Kanisius berusaha mencari ilustrator pengganti yang ternyata tidak mudah. Beruntung akhirnya Mbak Hanny Juwita muncul dan berhasil mengilustrasi cerita ini dengan sangat cantik. Terimakasih untuk tim Kanisius dan Room to Read yang tidak give up dengan buku ini, walaupun harus mengalami delay cukup lama. 

ini hasil ilustrasi Mbak Hanny Juwita di buku Perangkap Hebat Soma

Field testing

Field testing artinya, dummy buku dibacakan di beberapa sekolah, pada anak-anak target pembaca. Saya tidak mengikuti kegiatan ini karena dilakukan di Yogyakarta di hari kerja. Apa hasil dari field testing? Tentu saja, revisi lagi! Ada beberapa perubahan yang harus dilakukan terhadap karakter fisik Soma dan teman-temannya.

Ini hasil akhir penggambaran karakter Soma :

Book Lauching

Versi final akhirnya selesai dan buku pun di-launching di event International Children’s Content Right Fair di Chiang Mai, Thailand di bulan November 2019

Akhirnya buku ini siap diedarkan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Sayangnya buku ini belum dijual untuk umum saat ini. Semoga buku ini bermanfaat untuk anak-anak.

Detail buku bisa dilihat di SINI

Book Trailer ada di SINI

Iklan
Ditandai sebagai: